MENDATA PERISTIWA-PERISTIWA YANG PERNAH DIALAMI

Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu mendata peristiwa yang pernah dialami yang layak dijadikan sumber atau ide cerita pendek.
Cerita pendek atau yang lebih dikenal dengan cerpen adalah sebuah cerita rekaan yang ringkas dan berpusat hanya kepada satu tokoh atau satu situasi. Dengan demikian, cerita pendek juga bisa disebut sebagai sebuah cerita yang hanya memiliki satu tahapan pengaluran.
      Tidak semua orang mampu menulis cerita pendek dengan mudah. Biasanya, beberapa orang merasa kesulitan dalam menulis. Ada yang kesulitan semenjak awal. Ada juga yang kesulitan menulis setelah tiba di tengah-tengah cerita.
      Ada beberapa hal yang mampu memudahkan kita untuk menulis cerita pendek, di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Mendata peristiwa yang pernah dialami,
  2. Menentukan konflik dalam peristiwa,
  3. Menentukan kerangka alur cerita,
  4. Menulis cerita dari peristiwa yang pernah dialami.
      Dalam topik kali ini, materi yang akan dibahas adalah mendata peristiwa yang pernah dialami untuk menjadi dasar cerita pendek yang akan ditulis. Pada umumnya cerita berdasarkan pengalaman terbagi menjadi dua, yaitu berdasarkan pengalaman pribadi dan berdasarkan pengalaman orang lain.
      Cara yang paling mudah dalam menggali inspirasi untuk mendapatkan jalan cerita ialah berdasarkan pengalaman pribadi. Dalam penulisannya pun kita bisa menggunakan kata aku/saya karena yang ada dalam inti cerita adalah pengalaman seorang penulis. Apa yang dirasakan dan dialaminya bisa dituangkan ke dalam cerpen. Akan tetapi, ketika mendapat kebuntuan dalam menggali ide untuk menentukan kisah yang akan diambil, penulis bisa menemukannya berdasarkan pengalaman orang lain. Orang-orang disekeliling kita bisa menjadi inspirasi dalam menyusun sebuah cerita. Keluarga dan teman merupakan cara yang ampuh ketika terjadi kebuntuan menuangkan ide. Pengalaman yang di dapat bisa berupa pengalaman hidupnya atau pun hal-hal lainnya yang bersangkutan dengan orang lain.
      Ada beberapa pengalaman pribadi yang layak diangkat ke dalam sebuah cerpen, di antanya adalah sebagai berikut.
  1. Pengalaman yang memiliki kesan yang mendalam. Misalnya pengalaman berkeliling Indonesia dan bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda atau pengalaman mendapat kesempatan untuk mencoba menyelam di perairan Raja Ampat.
  2. Pengalaman yang paling membahagiakan. Misalnya pengalaman mendapatkan gelar juara kelas atau peraih nilai Ujian Nasional (UN) terbaik.
  3. Pengalaman paling menyedihkan. Misalnya ditinggal pergi untuk selamanya oleh orang tua tercinta atau dihianati oleh sahabat dekat.
  4. Pengalaman yang mengandung unsur perjuangan yang tidak mudah. Misalnya berulang kali memulai usaha berulang kali pula gagal atau membanting tulang mencari uang tambahan untuk menutup biaya kuliah karena orang tua tidak sanggup membayarnya.

Poin Penting

Cara yang paling mudah dalam menggali inspirasi untuk mendapatkan jalan cerita ialah berdasarkan pengalaman pribadi. Dalam penulisannya pun kita bisa menggunakan kata aku/saya karena yang ada dalam inti cerita adalah pengalaman seorang penulis. Apa yang dirasakan dan dialaminya bisa dituangkan ke dalam cerpen.
Previous
Next Post »