MENENTUKAN SUASANA DALAM PUISI

Tujuan Pembelajaran

Siswa mampu menentukan suasana dalam puisi.
Pernahkah kamu menyaksikan atau menyimak musikalisasi puisi? Musikaliasi puisi adalah pembacaan puisi yang diiringi oleh musik tertentu. Bahkan, beberapa bait di dalam puisi yang dibacakan biasanya dibuat menjadi sebuah lagu yang didendangkan bersamaan dalam musikalisasi tersebut.
      Penonton biasanya akan terhanyut saat menyaksikan musikalisasi puisi. Di dalam musikalisasi, penonton biasanya lebih mudah memahami isi puisi karena diiringi oleh musik yang mendukung puisi tersebut.
      Saat penonton ikut terbawa dengan isi puisi yang dibacakan, itulah yang disebut suasana dalam puisi. Pada materi ini, akan dijelaskan apa itu suasana dalam puisi dan bagaimana menentukannya dalam sebuah musikalisasi puisi. Oleh karena itu, simak pembahasan materi berikut ini!
      Puisi adalah jenis karya sastra yang tersusun atas bahasa yang indah dan padat makna. Sebagai suatu karya sastra, puisi tersusun atas struktur batin dan struktur fisik. Struktur batin puisi adalah struktur yang membangun puisi secara implisit atau tidak terlihat. Struktur batin disebut juga hakikat puisi. Adapun struktur fisik adalah struktur yang membangun puisi secara eksplisit, yaitu terlihat melalui susunan kata-katanya.
      Salah satu struktur batin puisi adalah suasana. Suasana adalah perasaan pembaca setelah membaca puisi. Suasana merupakan efek yang dirasakan pembaca setelah membaca atau menyimak puisi yang dibacakan oleh pembaca puisi, termasuk puisi yang telah dimusikalisasi. Misalnya, saat pembaca puisi membacakan puisi penuh semangat, maka pembaca akan merasakan suasana yang sama.
      Musikalisasi puisi adalah puisi yang dinyanyikan menjadi sebuah lagu. Musikalisasi puisi biasanya dipertunjukkan di hadapan penonton. Musikalisasi puisi biasanya terdiri atas pembacaan puisi yang diiringi musik dengan instrumen tertentu, seperti gitar atau piano. Kemudian sebagian atau seluruh isi puisi tersebut diubah menjadi lagu yang dinyanyikan. Dengan demikian, musikalisasi puisi adalah perpaduan antara seni sastra dengan seni musik.
      Dalam sebuah puisi, pembaca dapat merasakan suasana puisi melalui pilihan kata (diksi) yang digunakan penyair dalam puisi. Misalnya, saat membaca puisi yang menggambarkan kondisi alam, maka pembaca akan merasa damai. Dalam musikalisasi puisi, penonton atau pendengar dapat merasakan suasana dalam puisi dengan memperhatikan teknik pembacaan puisi yang dilakukan oleh pembaca puisi.
      Dengan demikian, beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan suasana dalam puisi yang dibacakan dalam sebuah musikalisasi puisi adalah sebagai berikut.
1. Menyimak pembacaan puisi dengan saksama,
2. Memperhatikan pilihan kata (diksi) dalam puisi yang dibacakan untuk mengetahui isi puisi,
3. Memperhatikan teknik pembacaan yang dilakukan pembaca puisi, seperti: artikulasi, intonasi, penjedaan, dan ekspresi,
4. Memperhatikan musik yang mengiringi pembacaan puisi tersebut;
5. Menentukan suasana yang dibangun dalam puisi yang dibacakan tersebut.
Sebagai contoh, perhatikan puisi berikut ini!

      Puisi tersebut berisi mengenai perasaan cinta yang dimiliki seseorang kepada orang lain yang dicintainya. Dalam pembacaan puisi, suasana yang dapat dibangun dari puisi di atas adalah perasaan syahdu dan romantis dengan emosi yang tinggi. Dengan demikian, akan diketahui bahwa puisi tersebut merupakan keinginan seseorang untuk mengungkapkan perasaan cintanya kepada orang lain yang dicintainya.
Dengarlah salah satu musikalisasi dari puisi tersebut.

Poin Penting

  1. Puisi adalah jenis karya sastra yang tersusun atas bahasa yang indah dan padat makna;
  2. Musikalisasi puisi adalah puisi yang dinyanyikan menjadi sebuah lagu;
  3. Dalam musikalisasi puisi, penonton atau pendengar dapat merasakan suasana dalam puisi dengan memperhatikan teknik pembacaan puisi yang dilakukan oleh pembaca puisi.
Previous
Next Post »