PENERAPAN MEDIA

Zavela membaca sebuah koran. Ia begitu tertarik membaca berita perkembangan startup edukasi di Indonesia. Semakin hari, usernya semakin bertambah pesat. Selain membaca beritanya, ia juga mengamati bahwa halaman-halaman koran tersebut berurutan dari yang terkecil ke yang terbesar. Dengan mudah, ia pun dapat menentukan median dari halaman-halaman tersebut. Apa itu median? Selain pada halaman koran, seperti apalagikah penerapan median dalam kehidupan sehari-hari?
            
        Dalam koran itu, berita tentang startup edukasi lah yang paling sering muncul. Berita atau data yang paling sering muncul ini disebut dengan modus. Apa itu modus? Selain berita pada koran, seperti apalagikah penerapan modus dalam kehidupan sehari-hari? Pada topik sebelumnya, kamu telah mempelajari tentang median dan modus ini. Nah, sekarang saatnya kamu mempelajari penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Yuk kita mulai.
Dalam statistika, median adalah nilai tengah sekumpulan data yang telah diurutkan dari data terkecil atau sebaliknya.
Cara menentukan median adalah sebagai berikut.
 Jika banyak data yang diurutkan merupakan bilangan ganjil (n ganjil) maka mediannya adalah nilai data yang di tengah, yaitu nilai data yang ke-n+12n+12 .
                                                                
 Jika banyak data yang diurutkan merupakan bilangan genap (n genap) maka mediannya adalah rata-rata dari dua nilai data yang di tengah, yaitu rata-rata dari nilai data ke-n2n2 dan nilai data 
ke-n2n2+ 1.
                                                           

🏠 Ayo Pahami!

☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳
Di sebuah blok komplek perumahan terdapat lima rumah. Rumah-rumah tersebut adalah rumah dengan nomor 21, 23, 25, 27, dan 29. Dalam blok ini, rumah dengan nomor 25 merupakan rumah yang di tengah. Mengapa demikian? Karena dalam nomor rumah yang telah berurutan tersebut, rumah dengan nomor 25 terletak di tengah-tengah. Dalam statistika, nilai tengah dari sekumpulan data yang telah diurutkan dari data terkecil atau sebaliknya ini disebut median. Jadi, median dari nomor-nomor rumah tersebut adalah nomor 25.
☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳
        Bagaimana menentukan median dari sekumpulan data yang memiliki frekuensi f1, f2, …, fnseperti data usia pemain sepakbola berikut ini?
                                       
Jumlah frekuensi pada tabel adalah 20, berarti mediannya adalah rata-rata dari nilai data yang berada pada urutan ke-10 dan 11.
Dari tabel tersebut, kamu dapat mengetahui:
📍 nilai data ke-1 sampai ke-2, yaitu 20;
📍 nilai data ke-3 sampai ke-4, yaitu 21;
📍 nilai data ke-5, yaitu 23;
📍 nilai data ke-6, yaitu 24;
📍 nilai data ke-7 sampai ke-10, yaitu 25; dan
📍 nilai data ke-11 sampai ke-13, yaitu 26.
Jadi, nilai data ke-10 adalah 25 dan nilai data ke-11 adalah 26. Dengan demikian, median dari kumpulan data tersebut adalah Me = 25+26225+262 = 25,5.
Dalam statistika, modus adalah data yang paling sering muncul. Ada beberapa jenis modus, yaitu sebagai berikut.
 Unimodus adalah kumpulan data yang hanya memiliki satu modus.
 Bimodus adalah kumpulan data yang memiliki dua modus.
 Multimodus adalah kumpulan data yang memiliki lebih dari dua modus.

⚽ Ayo Pahami!

☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳
Lima klub besar liga Inggris bersaing ketat untuk menjuarai liga musim 2015/2016. Klub-klub tersebut adalah Manchester United, Manchester City, Chelsea, Liverpool, dan Arsenal. Jika dilihat pada daftar klasemen sementara, Manchester United menang sebanyak 28 kali, sedangkan Manchester City, Chelsea, Liverpool, dan Arsenal berturut-turut menang sebanyak 29 kali, 26 kali, 24 kali, dan 22 kali.
        Berdasarkan klasemen sementara tersebut, kamu dapat mengetahui bahwa klub yang paling sering menang adalah Manchester City, yaitu 29 kali. Jika dihubungkan dengan statistika, klub yang paling sering menang ini menunjukkan data yang paling sering muncul. Pernyataan ini disebut modus. Jadi, modus dari data klasemen sementara liga Inggris adalah Manchester City.
☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳☳
        Sekarang, bagaimana menentukan modus dari sekumpulan data yang memiliki frekuensif1, f2, …, fn seperti data usia pemain sepakbola berikut ini?
                                       
Caranya, tentukan data yang frekuensinya terbesar. Pada tabel tersebut, data yang frekuensinya terbesar adalah 25 dengan frekuensi 4. Jadi, modusnya adalah 25.
        Pada uraian di atas, kamu sudah diingatkan kembali tentang median dan modus, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Agar pemahamanmu lebih mendalam, sekarang coba kerjakan soal-soal penerapan berikut ini
Previous
Next Post »